Senin, 12 Juni 2017

CARA MUDAH MEMAHAMI POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN


CARA MUDAH MEMAHAMI POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN

Populasi ???

Populasi menurut Arikunto adalah keseluruhan dari objek penelitian, jadi populasi dapat diteliti dengan cara meneliti semua elemen yang ada di wilayah penelitian maka dapat disebut dengan penelitian populasi. Menurut encyclopedia of educational evaluation populasi adalah sekumpulan atau korelasi dari semua unsur dalam suatu proses atau lebih khusus demi sebuah kepentingan. Penelitian populasi pada wilayah yang cukup besar akan sulit dilakukan, maka penelitian populasi hanya bisa dilakukan pada wilayah  yang terhingga saja, dan subjek yang ada tidak terlalu banyak. Peneleitian populasi yang paling banyak dilakukan adalah dengan cara sensus, untuk melihat semua lika-liku yang ada dalam populasi. Contoh populasi adalah keseluruhan mahasiswa yang terdaftar dan ada di perguruan tinggi, semua mahasiswa yang terdaftar dan memilih mata kuliah tetentu. Hasil dari penelitian populasi ini berlaku untuk keseluruhan anggota populasi. Contoh dari penelitian populasi adalah ingin mengetahui kualitas lulusan perguruan tinggi di Indonesia, jumlah mahasiswa tak terhingga maka harus ada batasan waktu, missal pada tahun 2016, dalam penelitian ini peneliti harus benar-benar memeriksa kualitas lulusan perguruan tinggi di Indonesia, baru bisa ditarik kesimpulan tentang kualitas lulusan perguruan tinggi di Indonesia pada tahun tersebut.

Sampel ???

Sampel menurut Arikunto adalah sebagian atau wakil dari populasi yang diteliti, dapat disebut sampel apabila ingin mengangkat kesimpulan penelitian sebagai suatu yang berlaku bagi populasi. Menggeneralisasikan atau mengangkat kesimpulan penelitian apabila populasi yang akan diteliti bersifat homogen, jika berfsifat heterogen maka kesimpulan tidak berlaku pada keseluruhan populasi. Contoh  ketika kita melihat air kopi di cangkir apakah sudah manis, lalu kita cicipi sedikit, jika dirasa sudah manis, maka hasil tersebut dapat di generalisasikan untuk keseluruhan populasi. Contoh lainnya adalah apakah mahasiswa agribisnis unej 2015 pandai-pandai, maka kita dapat melakukan dengan mengambil sampel dari seorang mahasiswa yang kita temui secara sengaja maupun tidak, terus kita tanya tentang berbagai persoalan pertanian, ternyata hasilnya memuaskan maka kita dapat menggeneralisasikan untuk semua populasi. 

Berikut ini adalah alasan mengapa kita harus melakukan penelitian sampel :

1. Subjek sampel lebih kecil dibandingkan populasi
2. Jika populasi terlalu besa, maka dikawatirkan ada yang terlewati
3. Penelitian populasi juga merusak(desdruksif), missal kita meneliti nuklir, maka kita akan meneliti   kemampuan nuklir yang dimiliki oleh semua Negara, lalu sambal menelitia juga kan menghabiskannya dan berdampak buruk.
4. Jumlah populasi yang banyak, dikawatirkan hasilnya bias.
5. Adakalanya penelitian populasi tidak dimungkinkan untuk dilakukan, missal meneliti tengtang lulusan SMA dan sederajat    di Indonesia mengikuti tes masuk perguruan tinggi negri dan swasta.
6. Alasan terahir kenapa kita harus memilih sampel adalah kita dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya.

Berikut ini adalah macam-macam teknik pengambilan sampel :

1. Probability sampling adalah tehnik sampling (tehnik pengambilan sampel) yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel.
2. Non probability sampling adalah kebalikan dari probability sampling

Berikut ini adalah cara pengambilan sampel penelitian :

1. Sampel random atau sampel acak
2. Sampel berstrata atau stratified sample
3. Sampel wilayah atau area probability sample
4. Sampel peroporsi atau sampel imbangan atau proportional sample
5. Sampel bertujuan atau purposive sample
6. Sampel quota atau quota sample
7. Sampel kelompok atau qluster sample
8. Sampel kembar atau double sample

Pengertian cara pengambilan sampel akan saya bahas pada tulisan saya berikutnya, jadi tunggu aja ya.

Berikut ini adalah contoh soal populasi dan sampel yang saya ambil dari tugas metodologi penelitian yang diampu oleh Ibu Leny Wijayanti Phd.

1. Terdapat 1000 orang petani. Seorang peneliti ingin menarik sampel untuk melihat rata-rata luas usahatani, tidak diketahui varian populasi, range luas usahatani 100 ha sedangkan bound of error sebesar 3 ha. Berapa jumlah anggota sampel 

2. Jika diketahui dalam suatu desa terdapat 679 petani,  sedangkan variance populasi sebesar 12 pada taraf kepercayaan 95%. Berapa besarnya sampel jika penyimpangan maksimum yang dapat diterima 0,5 ha

3. Jika ingin diketemukan besarnya petani yang menggunakan pestisida X. Apabila dari dugaan diketahui besarnya proposi yang menggunakan pestisida 40% dan penyimpangan tidak lebih dari 10% dengan derajad kepercayaan 100%. Berapa jumlah sampel yang diambil apabila populasinya sebesar 250 orang? 


EmoticonEmoticon